Minggu, 06 Januari 2013

TRADISIONAL ART OF BANGKALAN

Berbagai seni tradisional dan upacara tradisional sebagai potensi pariwisata dan sudah untuk dijual, adalah:

     Moang Sangkal Dance
     Angklung Topeng Tari
     Rokat Dance
     Keraban Dance
     Nelayan (Nelayan) Dance
     Andongan Dance
     Blandaran Dance
     Tera 'Bulan Dance
     Sholawat Nabi Dance
     Nyello 'Aeng Tari
     Reng Majangan Dance
     Hadrah Jidor Artistry
     Salaban (Sandur Madura) Artistry di semua (18) kabupaten.

Kesenian tradisional masih ada dengan kreasi baru dari koreografer lokal, yang aktif di galeri tari seperti; Tarara tari galeri di Bangkalan kabupaten dan Larasati tari galeri di Burneh kabupaten.
Selain kesenian tari tradisional, Bangkalan kaya dengan adatnya yang masih mengeksekusi rutin oleh masyarakat, mereka adalah:

     Tradisional upacara Rokat 'Tase di Sepuluh kabupaten dan Arosbaya Kabupaten, yaitu upacara ritual untuk meminta keselamatan dan berkah dari Allah laut.
     Tradisional upacara Jaran 'Kenca di Socah Kabupaten, yang merupakan harapan upacara tamu di acara penerimaan sunatan (sunat) dan pesta pernikahan.
     Upacara Tradisional Hong Bahhong di Geger kabupaten, yaitu ritual upacara untuk menolak bahaya atau bencana / penyakit dan pengaruh buruk lainnya dalam hidup mereka.
     Tradisional Topeng upacara Patenteng di Modung kabupaten, yaitu upacara ritual untuk meminta menurunkan hujan saat kekeringan panjang mencapainya keganasan.
     Pernikahan tradisional upacara Moang Sangkal di semua (18) kabupaten. Ini upacara ritual menggambarkan tentang keinginan savety agar tidak memiliki dosa karena perkawinan adik yang telah menikah terlebih dahulu, meninggalkan adiknya yang belum menikah.
     Upacara pernikahan tradisional, Okke Ka 'di semua kabupaten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar