Minggu, 06 Januari 2013

About The Indian Film

This article is about the Indian film. For the Pakistani TV show, see 3 Idiots (TV series).
Description: Page semi-protected
3 Idiots

Theatrical release poster
Directed by
Produced by
Screenplay by
Abhijat Joshi
Rajkumar Hirani
Vidhu Vinod Chopra
Story by
Abhijat Joshi
Rajkumar Hirani
Based on
Narrated by
Starring
Music by
Cinematography
C. K. Muraleedharan
Editing by
Ranjeet Bahadur
Rajkumar Hirani
Distributed by
Release date(s)
  • 25 December 2009
Running time
170 minutes[1]
Country
India
Language
  • Hindi
  • English
Budget
Description: INR35 crore (US$6.37 million)[2]
Box office
Description: INR385 crore (US$70.07 million)[3]
3 Idiots (bergaya sebagai 3 idiots) adalah 2009 India drama komedi film yang disutradarai oleh Rajkumar Hirani, dengan skenario oleh Abhijat Joshi, dan diproduksi oleh Vidhu Vinod Chopra. Itu longgar diadaptasi dari Five Point Someone novel karya Chetan Bhagat. 3 Idiots bintang Aamir Khan, Kareena Kapoor, R. Madhavan, Sharman Joshi, Omi Vaidya, Parikshit Sahni dan Boman Irani.
Setelah rilis, film ini memecahkan rekor pembukaan box office di India. Ini adalah film terlaris tertinggi di akhir pekan pembukaannya di India dan memiliki koleksi hari pembukaan tertinggi untuk sebuah film Bollywood. Ini juga memiliki rekor koleksi bersih tertinggi pada minggu pertama untuk sebuah film Bollywood. Dalam waktu 10 hari dari rilis, film ini menyeberangi Description: INR100 crore (AS $ 18.2 juta) mark di India dan menjadi film pertama tahun 2009 untuk melakukannya. Film ini juga menciptakan rekor box office baru untuk rilis pada kuartal terakhir dari tahun (Oktober-Desember), memecahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan oleh Ghajini. Itu juga merupakan film terlaris tertinggi akan dirilis pada semester kedua tahun ini (Juli-Desember), memecahkan rekor sebelumnya juga dipegang oleh Ghajini.
3 Idiots telah menjadi yang tertinggi-film Bollywood terlaris sepanjang masa di India, [4] memecahkan rekor sebelumnya yang ditetapkan oleh Ghajini yang juga dibintangi Aamir Khan. Hal ini juga menjadi salah satu film India beberapa untuk menjadi sukses besar di pasar Asia Timur seperti Cina, [5] akhirnya membawa total di luar negeri untuk US $ 25 juta-tertinggi-terlaris film Bollywood sepanjang masa di pasar luar negeri. [6 ] [7] Hal ini diharapkan menjadi film India pertama yang secara resmi dirilis di YouTube, dalam waktu 12 minggu merilis di bioskop pada tanggal 25 Maret 2010, namun akhirnya mendapat resmi dirilis di YouTube pada Mei 2012. [8] Film ini juga pergi untuk memenangkan banyak penghargaan, memenangkan Filmfare Awards enam termasuk film terbaik dan sutradara terbaik, Penghargaan Bintang sepuluh dan enam belas IIFA Layar penghargaan.
Film ini juga menggunakan penemuan nyata demi sedikit-orang terkenal di halaman belakang India. Otak di belakang inovasi adalah Remya Jose, seorang mahasiswa dari Kerala, yang menciptakan exercise-bicycle/washing-machine, Mohammad Idris, seorang tukang cukur dari Meerut distrik di Uttar Pradesh, yang menemukan gunting kuda sepeda bertenaga, dan Painter Jahangir, seorang pelukis dari Maharashtra, yang membuat pabrik tepung skuter bertenaga [9]. Film ini dibuat ulang di Tamil sebagai Nanban (2012) yang juga menerima pujian keberhasilan kritis dan komersial. [10] [11] Ini juga telah mengumumkan bahwa ada akan menjadi remake Cina dari film yang diproduksi oleh Stephen Chow dan bahwa ada rencana untuk remake di Hollywood yang diproduksi di Amerika Serikat. [12]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar