Selasa, 08 Januari 2013

Rengginang Lorjuk

Rengginang Lorjuk Mentah: Kemasan Kecil, Ukuran Kecil  Ini merupakan salah satu makanan khas Madura yaitu rengginang lorjuk. Lorjuk itu sendiri adalah mollusca bercangkang ganda/kerang (clam) yang telah di keringkan,kemudian diolah dengan beras ketan. Rengginang Lorjuk mentah kemasan besar maupun kecil tergantung minat pembeli untuk membelinya.Ukuran Rengginang biasanya besar tebal. Dengan kualitas yang di jamin adalah Rengginang: Unggulan, dijamin enak, gurih, dan renyah yang paling di sukai oleh pembeli.
Isi dalam kemasan biasanya terdiri dari 40 biji rengginang lorjukCamilan yang terkenal gurih dan enak ini sudah sangat akrab dikalangan masyarakat Madura. Tambahan bahan dasar lorjuk membuat rasa dan aromanya sangat khas.
           Sebenarnya apakah lorjuk itu? Lorjuk adalah sejenis binatang laut yang masih termasuk keluarga kerang-kerangan.  Namun camilan khas satu ini juga tidak memiliki penggemar yang sedikit. Hampir seluruh masyarakat Jawa Timur menyukai penganan ringan ini.
 Komposisi rengginang lorjuk: beras ketan, lorjuk (ikan kecil seperti teri/ulat laut), dan bumbu rempah pilihan
Cara Pengolahan Rengginang Lorjuk: dijemur maksimal 1 jam sebelum di goreng, digoreng dalam minyak yang cukup dan api sedang, dijamin tambah renyah dan gurih.

1 komentar: